Sabtu, 19 Juli 2008

Dasar-Dasar Corel Draw

Oleh; Zul Azmi

Program Corel Draw adalah sebuah program yang digunakan oleh para desainer untuk membuat gambar-gambar yang bentuknya tidak hidup. Berbeda halnya dengan Photo Shop yang diolah adalah merupakan foto-foto yang bentuknya hidup (foto asli yang diolah).
Corel Draw sangat menarik untuk dinikmati, oleh karena itu kebiasaan bertahan lama di depan komputer adalah merupakan kunci dalam pengembangan skill untuk menguasai program ini.

Corel Draw adalah program yang digunakan oleh orang untuk membuat poster-poster, logo, kop surat, dan lain sebagainya. Corel Draw sangat menarik untuk dinikmati asalkan mereka punya keinginan dan bakat dibidang seni. Selain itu kuncinya dalam mempelajari Corel Draw adalah dengan keaktifan mereka untuk terus melatih pelajaran-pelajaran dasar yang telah dikuasainya. Intinya adalah jangan takut untuk mencoba dan teruslah membuat karyanya dengan materi-materi dasar yang telah dipelajari. Pengembangan skill ini akan didapatkan terus bila ada kemauan dari mereka. Kendala yang harus dihadapi oleh desainer adalah menghilangkan sifat kebosanannya. Jadi perlu dinikmati saja hasil yang telah dikerjakan meskipun belum bagus bentuknya.

Kelebihan dari Corel Draw adalah program ini tidak akan membuat Image gambar pecah meskipun dibesarkan sesuai dengan keiginan kita. Berbeda halnya dengan Photo Shop yang harus diperhatikan terus image size nya. Karena bila image size nya ketika di save berukuran kecil, maka ketika diolah untuk diperbesar maka gambar akan mengalami kekaburan (pecah). Bila anda mengambil gambar-gambar dari internet, maka perlu diperhatikan image size nya. Karena ukuran gambar tidak akan dapat dipaksakan untuk diperbesar bila dasar imagenya berukuran kecil.
Kuncinya disini adalah dengan terus mencoba membuat desain Corel Draw. Teori-teori yang banyak dikuasai akan mudah lupa bila kita tidak melakukannya. Oleh karena itu teruslah mencoba dan mencoba. Dan selanjutnya mari kita mempelajari dasar-dasar dan teknik dari corel draw secara praktis dan mudah untuk dikuasai. Selamat mencoba.

Pengolahan Teks
- pemilihan teks; teks sangat mempengaruhi indah dan buruknya hasil yang kita buat. Pemilihan teks dibutuhkan ejelian dan rasa estetik yang tinggi. Kita harus mampu membedakan teks yang sifatnya formal dan tidak formal. Karena perlu pemilihan teks yang baik. Caranya lihat menu teks pada tool bar dan disana sangat banyak tersedia jenis font nya. Pilih salah satu font yang menarik dan sesuai dengan keinginan.
- pewarnaan teks; pewarnaan teks sangat penting untuk keindahan teks yang akan kita gambar, silahkan pilih warna untuk teks pada layar di sebelah kanan. Pewarnaan teks juga dapat di lakukan dengan fountaine fill dialog pada layar sebelah kiri.
- pemakaian outline pada teks, penghilangan outline dan pewarnaannya; teks pada dasarnya sudah memiliki outline namun kita juga dapat menghilangkan outline pada teks. Ukuran outline juga dapat kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Kita juga dapat merubah warna outline sehingga memperindah bentuknya.
- penggabungan teks dengan image; sebuah teks dapat kita rubah warnanya dengan warna image yang ada. Caranya import sebuah image dan aktifkan image tersebut, kemudian klik menu effect dan pilih power clip dan kemudian akan muncul tanda panah besar. Select tanda panah tersebut pada teks yang telah dibuat sebelumnya.
- memblurkan teks; memblurkan teks adalah membuat efek blur (remang-remang) pada teks caranya adalah ubah terlebih dahulu warna teks yang sebelumnya CMYK menjadi RGB. Setelah itu buka menu bitmap dan pilih blur kemudian pilih jenis blur yang akan dikehendaki serta radius blurnya.
- penggandaan teks; caranya adalah dengan mengcopy teks sehingga banyak jumlahnya sesuai yang kita inginkan. Caranya select teks tersebut dan pindahkan ketempat lain dan tekan mouse bagian kanan
- effect teks; disini kita dapat membuat beberapa effect pada teks seperti efek amplop, countur dll.
- pengolahan teks dengan shape tool; ini berfungsi untuk membuat bentuk teks olahan teks sesuai dengan yang kita harapkan
- fit text to path; berfungsi untuk membuat tata letak teks mengikuti garis atau lingkaran yang kita buat, caranya buat sebuah teks lalu buat sebuah garis yang bengkok dan aktifkan teks lalu tekan menu text dan pilih fit text to path
- teks dengan add perspective; bertujuan untuk membuat pengaturan kemiringan teks dan frame nya
- efek mirror teks; teks dapat dibalikkan dan efek kaca dari suatu teks
- penimpaan teks
Penggenalan alat-alat Kerja
- Trim; digunakan untuk memotong object dengan object yang berada di atasnya.
- Weld; berguna untuk menggabungkan beberapa object menjadi satu object
- Intersect; hampir sama dengan trim berguna untuk object hasil potongan dengan object yang lain.
- Group; menggabungkan beberapa object menjadi Satu
- Un group memisahkan object yang telah tergabung
- Free hand tool; digunakan untuk menggambar object dasar
- Shape tool; digunakan untuk pembengkokan dari object
- Zoom tool; untuk membesarkan object
- Drop shadow tool; digunakan untuk membuat bayangan pada object
- Transparency tool; digunakan untuk membuat efek transparan (terang) pada object
- Interactive countour tool; digunakan untuk membuat efek countour pada object
- Out line tool; digunakan untuk membuat outline pada object
- Fiil tool; digunakan untuk pewarnaan pada suatu object

1 komentar:

someone... mengatakan...

makasih ya corel'a.....ulangan g jadi bagus....hahahaha....thx...